Senin, 07 Juni 2010

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta

Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat 15412,
Telepon: (021) 701925, (021) 74703580;
Fax: (021) 7402982
Email: info@uinjkt.ac.id


Dekan: Dr. Arief Subhan, M.Ag
Pembantu Dekan Bidang Akademik: Drs. Wahidin Saputra, M.Ag
Pembantu Dekan Bidang Admimistrasi Umum: Drs. H. Mahmud Jalal, MA
Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan: Drs. Study Rizal LK, MA


Sebelum berdiri sebagai fakultas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi mulanya adalah sebuah jurusan di Fakultas Ushuluddin. Setelah menginduk selama kurang lebih 25 tahun, maka pada tahun 1989 Jurusan Dakwah memisahkan diri dan mandiri sebagai sebuah fakultas. Pada saat berdiri, Fakultas Dakwah dan Komunikasi memiliki dua jurusan: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam.

Dari namanya sudah jelas bahwa Fakultas Dakwah dan Komunikasi bertugas menghasilkan ahli-ahli dakwah yang kompeten dan siap mengabdi kepada masyarakat pada umumnya dan umat Islam pada khususnya. Fakultas ini berusaha mengembangkan ilmu dakwah dan menerapkannya dalam konteks tempat dan zaman. Jurusan dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi telah banyak melahirkan alumni yang di-akui kapabilitas dan reputasinya di tengah masyarakat.

Saat ini ada empat jurusan/program studi dan dua konsentrasi yang diasuh Fakultas Dakwah dan Komunikasi, yaitu:

1. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
- Konsentrasi Jurnalistik
2. Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam
3. Jurusan Manajemen Dakwah
- Konsentrasi Manajemen Haji dan Umrah
4. Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
- Konsentrasi Kesejahteraan Sosial


1. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Jurusan ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai bidang komunikasi dan penyiaran Islam.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Sejarah Dakwah, Metodologi Penelitian Dakwah, Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Teknik Berpidato, Produksi Siaran Radio dan Film, Pengantar Manajemen, Statistik Sosial, Perilaku Organisasi, Perkembangan Pemikiran Modern dan Penyiaran Islam, Filsafat Islam, Patologi Sosial, Perbandingan Agama, Geografi Islam, Public Relation, Ilmu Akhlak, Psikologi Komunikasi dan Tabligh, dan Pengantar Psikologi.
- Kosentrasi Jurnalistik

Konsentrasi Jurnalistik bertujuan untuk mencetak para sarjana Muslim yang ahli dalam bidang kewartawanan, baik di media cetak maupun elektronik.

Mata kuliah yang diajarkan dalam Konsentrasi Jurnalistik ini adalah Civic Education, Bahasa Inggris I, Bahasa Arab I, Ulumul Qur'an, Sosiologi, Ibadah Tilawah, Sejarah Peradaban Islam, Akhlak Tasawuf, Fiqh, Bahasa Arab II, Bahasa Inggris II, Ilmu Dakwah I, Bahasa Indonesia, Ilmu Kalam, Filsafat ilmu dan Logika, Ulumul Hadits, Tafsir, Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Komunikasi, Aplikasi Komputer, Bahasa Arab III, Bahasa Inggris III, Hadits, Psikologi, Jurnalistik, Ilmu Dakwah, Etika dan Filsafat Komunikasi, Retorika / Ilmu khitabah, Dasar-dasar Ilmu Tabligh, Dasar-dasar Siaran radio dan Televisi, Teori Komunikasi Massa, Teknik Menulis Feature dan Editorial, Statistik Sosial, Metodologi Penelitian, Psikologi Komunikasi, Bahasa Jurnalistik, Sistem Komunikasi Indonesia, Teknik Wawancara dan reportase, Produksi Siaran Televisi, Filsafat Islam, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Teknik Menyunting Berita, Hukum dan Sistem Media Massa, Komunikasi Antar Agama dan Budaya, Teori Komunikasi Massa, Jurnalistik Foto, Bimbingan Karya Ilmiah, Metodologi Penelitian Komunikasi, Sistem Komunikasi Internasional, Perwajahan dan Tata Letak, Praktik Penelitian Komunikasi Massa, dan Manajemen Industri Media Massa.
2. Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Jurusan ini bertujuan menghasilkan sarjana yang mumpuni di bidang penyuluhan dan bimbingan Islam.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan meliputi: Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Ilmu Akhlak, Sejarah Dakwah, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Psikologi Agama, Sosiologi, Kesehatan Mental, Psikologi Sosial/Komunikasi, Pengantar Psikologi, Psikologi Perkembang-an, Metode Penelitian, Filsafat Manusia, Psikologi Abnormal/Patologi, Pengantar Manajemen, Psikologi Kepribadian/Terapi Islam, Bimbingan Penyuluhan Agama, Statistik Sosial, Psikologi Diagnostik, Psikologi Industri/Organisasi.

3. Jurusan Manajemen Dakwah

Jurusan ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai bidang manajemen dakwah.

Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Sejarah Dakwah, Metodologi Pengembangan Dakwah, Manajemen Dakwah, Manajemen Organisasi Islam, Manajemen Pelatihan Dakwah, Organisiasi Islam Internasional, Manajemen Haji, Umrah dan Ziarah, Manajemen Kemasjidan, Manajemen Bank Islam, Manajemen Organisasi Nirlaba, Manajemen Pers Dakwah, Manajemen Penyiaran/Tabligh, Manajemen Pengem-bangan Masyarakat Islam, Perbandingan Sistem Dakwah, Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Dakwah, Sistem Informasi Dakwah, Pengantar Manajemen Umum, Praktek Manajemen Dakwah, Pengantar Psikologi, Lembaga Keuangan Islam, Pengantar Ilmu Komunikasi, dan Perilaku Orang Islam.

- Konsentrasi Manajemen Haji dan Umrah

4. Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam

Jurusan ini bertujuan untuk menyiapkan sarjana Muslim yang mampu berkiprah dalam bidang pengembangan masyarakat Islam. Secara khusus, jurusan ini diarahkan untuk membekali mahasiswa dalam ilmu-ilmu masyarakat Islam dan pengembangannya.

Mata Kuliah Keahlian yang diajarkan pada jurusan ini adalah Dasar-dasar Pengembangan Masyarakat Islam, Sosiologi, Pengelolaan Kesejahteraan Masyarakat Islam, Pengantar Ekonomi, Sejarah Sosial Masyarakat Islam Indonesia, Studi Pembangunan, Budaya, Politik Islam, Geografi Islam, Sistem Ekonomi Islam, Mana-jemen Bank Islam, Paradigma dan Teori Ilmu Sosial, Pengantar Studi Gender, Sosiologi Pedesaan, Manajemen Perkembangan Masyarakat, Sosiologi Pemba-ngunan, Sosiologi Perkotaan, Kewirausahaan, Peta Ekonomi Umat Islam, Ekologi/Ilmu Lingkungan, Teknik Pengembangan Komputer.

- Konsentrasi Kesejahteraan Sosial

Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (Kessos) berada di bawah Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Jurusan ini mulai dibuka tahun 2002 dan merupakan kerja sama antara UIN Jakarta/Departemen Agama dan McGill University/Canadian International Development Agency (CIDA) melalui proyek IAIN-Indonesia Social Equity Project (IISEP).
Jurusan Kessos bertujuan guna mencetak sarjana ilmu sosial yang ahli dalam bidang kesejahteraan sosial serta mampu mengintegrasikan teori-teori kesejahteraan sosial, keislaman, dan keindonesiaan. Lulusan Jurusan Kessos bukan saja dapat bekerja di Departemen Sosial tapi juga di berbagai lembaga sosial, seperti LSM, filantropi, dan dinas-dinas sosial. Di samping itu lulusan Jurusan Kessos juga dapat bekerja sebagai pekerja sosial professional yang bersifat independent dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar